Apa Itu Copywriting ?

Apa Itu Copywriting ?





Apa sih itu copywriting?
Ada satu pertanyaan yang kerap ditemui dalam dunia tulis menulis, "Copywriting itu apa?". Banyak sekali yang secara awam menganggap kalau copywriting itu, ya hanya seperti menulis berita. Padahal fakta sebenarnya, sangat jauh dari anggapan tersebut. Dari membaca Artikel ini kita akan berbagi sedikit tentang copywriting secara mendasar ya, berdasarkan pengalaman tiga tahun bekerja menekuninya lho.

Apa sih itu copywriting? Kalimat Sederhananya, copywriting merupakan sebuah tulisan singkat yang mengandung makna untuk mempromosikan sesuatu ya. Entah itu produk kecantikan, obat, makanan, jasa dan yang lainnya. Copywriting merupakan salah satu teknik pemasaran dan penjualan yang dilakukan dengan melalui perantara tulisan.

Copywriting yang dibuat dengan teknik yang sangat baik, dapat menghipnotis para pembacanya untuk membeli produk yang ditawarkan lho.

Dalam sebuah dunia di internet, copywriting bisa untuk digunakan dalam semua bidang lho, mulai dari marketing hingga blogging. Dalam bidang blogging, copywriting merupakan salah satu strategi yang terbukti sangat ampuh untuk menaikkan traffic kunjungan blog ya guys.

Sedangkan di dunia internet marketing, copywriting menjadi salah satu strategi yang sangat jitu untuk meningkatkan omset penjualan kita lho. Mungkin akan lebih mudah dipahami bila begini; copywriting merupakan menulis yang setidaknya berdasarkan kerangka AIDA (attractive, interest, desire, action) dan lebih cocok untuk memaparkan sebuah produk atau karya cipta. Dan langsung saja, mari lihat artikel di bawah ini :

  • 1. Attractive
"Bukan hal yang hebat bila ada anak remaja atau anak kecil bisa melakukan salto ke belakang atau backhand spring (salto ke belakang dengan tangan) dengan lancar. Namun akan luar biasa bila yang melakukan adalah orang yang sudah berusia 47 tahun."

  • 2. Interest
"Seperti yang dilakukan Johny Cage. Di sela waktu luangnya berolahraga, Cage sering melakukan atraksi salto atau spring seperti pesenam. Cage, yang belum pernah melakukan salto ke belakang maupun backhand spring sebelumnya, bahkan hanya membutuhkan waktu tiga hari saja untuk bisa melakukannya. Sehingga dia berkesimpulan, usia bukanlah hal yang membatasi tubuh melakukan senam tingkat tinggi."

  • 3. Desire
"Kesimpulan Cage tidak salah. Berdasarkan American College of Sport Medicine, otot manusia memiliki toleransi yang cukup tinggi dalam melakukan gerakan olahraga, namun harus dengan proses yang benar, pemanasan yang cukup, dan asupan makanan yang baik. Selain pemanasan, proses olahraga yang benar, dan asupan yang bergizi, juga harus didampingi pelatih yang berpengalaman ya. Cage yang memilih berlatih di sebuah Klub Olahraga XXX yang berlokasi di Jl ABC, Jakarta."

  • 4. Action
"Klub Olahraga XXX selain memliki pelatih yang berpengalaman serta fasilitas yang sangat mendukung, juga memberikan potongan harga spesial, selama jelang lebaran. Cage merupakan salah satu dari banyak nya peserta di sebuah Klub Olahraga XXX yang berhasil melakukan senam tingkat tinggi. Maka segeralah daftar ke Klub Olahraga XXX."

Di paragraf awal, diupayakan bawa tulisan ke sesuatu yang membuat orang menjadi penasaran. Inilah yang dimaksud dengan menulis kalimat atraktif, atau kalimat yang setidaknya membuat orang terus ingin membaca kelanjutannya.

Kemudian setelah jadi penasaran, selanjutnya bawa mereka menjadi tertarik untuk mencari tahu apa yang terjadi. Biasanya, kalimat ini disertai contoh, statistik, atau paparan yang meyakinkan.

Setelah membuat penasaran dan bisa meyakinkan, dilanjutkan dengan membawa mereka menjadi paham. Tentunya, tidak boleh sembarangan memaparkan suatu hal yang tujuannya memberi orang pemahaman. Ini harus disertai fakta, hasil riset, atau lebih bagus bila ada analisis yang masuk akal. Maka seorang copywriter, selain mempunyai keahlian seni menulis, juga wajib memiliki kemampuan riset dan investigasi, agar hasil tulisan mereka kredibel.

Dan terakhir, bila seseorang telah berhasil mengobati rasa penasarannya sehingga mereka benar-benar paham, maka seorang copywriter hanya tinggal menambahkan saran yang sesuai, untuk mewadahi animo pembaca. Namun patut diingat, seorang copywriter juga harus paham target pembacanya siapa.

Contoh tulisan di atas mungkin menyasar pada pembaca yang hobi olahraga atau mereka yang berjiwa muda, dinamis, dan kreatif. Untuk Tulisan seperti di atas sangat tidak akan cocok bagi penghobi kuliner ya, pecinta otomotif, atau gamers. Maka sebelum menulis seorang copywriter selain harus paham fungsi produk, juga harus memiliki pengetahuan tentang pembaca, baik dari segi komunitas, karakter, hingga demografi.


Alasan Kenapa Copywriting Penting Dalam Internet Marketing


1. Copywriting mengajak orang mengenal produk atau jasa Anda

Seni copywriting dapat menghipnotis para pembacanya untuk mulai mencari tahu bagaimana dan apa kelebihan produk dan jasa Anda. Awalnya, memang hanya sekedar mencari tahu. Tapi setelah membaca, maka mereka akan mulai tertarik untuk mencoba produk Anda.

2. Copywriting seperti salesman

Seorang salesman biasanya menawarkan produk atau jasa dengan bujukan yang terkesan memaksa. Sehingga bukannya ingin membeli, para calon pembeli justru akan merasa geli dengan tingkah laku mereka.

Seni copywriting dapat membujuk para calon pembeli dengan cara yang sangat halus, sehingga pembeli tidak merasa terpaksa dan dipaksa untuk membeli produk Anda.

3. Copywriting mempengaruhi emosional seseorang

Antonio Damasio, dalam buku ilmiahnya pernah mengatakan bahwa bukan logika yang mempengaruhi keputusan seorang manusia, melainkan emosi mereka. Perkataan Antonio Damasio ini memang sangat terbukti, 90% orang membeli sesuatu karena mereka “ingin“, bukan karena mereka “butuh“.

Dengan teknik copywriting, para calon pembeli tidak hanya akan merasa ingin membeli, tetapi juga merasa butuh barang tersebut.

4. Copywriting strategi ampuh meningkatkan penjualan

Alasan Sebenarnya, di dalam internet marketing, ada banyak sekali strategi - strategi yang biasa dilakukan guna untuk meningkatkan presentase penjualan. Nah maka daari itu, salah satu strategi yang telah terbukti sangat ampuh merupakan dengan menerapkan copywriting dalam iklan kita.

Sebuah Copywriting yang sangat unik, sangat menarik dan sangat berkesan, akan membuat seseorang menjadi penasaran lho. Dari rasa penasaran inilah, muncul keinginan untuk membeli.

Saat kita membuat copywriting, hal - hal yang terpenting merupakan membuat headline atau judul yang sangat menarik mungkin. Headline merupakan harga mati dalam copywriting.

Saat orang membaca headline, 3 detik pertama akan menentukan orang mau atau tidaknya membeli produk Anda. Ada banyak teknik yang membuat headline bisa terbukti ampuh menggugah hati para pembaca lho.

Teknik headline

headline adalah Teknik yang menggambarkan sebuah keuntungan yang di dapatkan dari produk yang Kamu tawarkan ya. Salah Satu Contohnya yaitu, ( Wajah Putih Dalam Semalam ) 
( Beli 2 dapat 2 )

Contoh lainya, ( Hari Ini Bayar Besok Gratis, Secara Berulang Jadi Bayar Terus )

Teknik headline ini seakan memerintahkan dan mengajak si pembaca untuk memakai produk kamu. Teknik headline copywriting yang satu ini menggunakan kata-kata yang menggambarkan sebuah pembuktian yang berawal dari kekecewaan karena diremehkan.

Anda menceritakan pengalaman setelah Anda mencoba sebuah produk. Teknik ini menggunakan kata-kata yang mengekspresikan rasa takjub pada sebuah produk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Sosial Marketing Strategi Pemasaran Media Sosial