Apa itu SEO dan Cara Kerjanya ?

Apa itu SEO dan Cara Kerjanya ?



SEO Merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, kalau diartikan kedalam bahasa indonesia kira kira adalah “Optimasi Mesin Pencari”.

Definisinya kurang lebih, SEO merupakan teknik atau proses untuk meningkatkan performansi sebuah situs agar mempunyai peringkat yang tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari SERP Merupakan singkatan dari Search Engine Results Page,  sehingga kita akan memaksimalkan traffic ke situs tersebut, baik itu website statis maupun blog.

Pemakai internet biasanya menggunakan search engine untuk menemukan apa yang dicarinya. Kebanyakan di antara mereka kemudian hanya akan tertarik pada 10 atau 20 situs pertama pada halaman 1 dan 2 dari SERP, tanpa ada keinginan untuk melihat ribuan, ratusan ribu, bahkan mungkin saja jutaan situs yang ada di halaman berikutnya. Jadi, jika blog atau web kita muncul di halaman nomor 1 di hasil pencarian search engine dengan keyword yang kita incar, maka akan semakin banyak traffic yang akan datang ke web atau blog kita.

Sebagai sebuah informasi penulis juga pernah bekerja sebagai web developer yaitu membuat sebuah website untuk client perusahaan software house lho. Sering kali terjadi client yang telah selesai dibuatkan website menganggap jika website dibuat maka akan mendatangkan pengunjung/customer dengan sendirinya. Sebuah Website yang sudah online tidak akan pernah naik pengunjungnya jika tidak maintain dengan menggunakan SEO ya.

Bagi seorang website pemula yang baru saja live, dalam 6 bulan pertama di google akan memasukkan website tersebut dalam kategori evaluasi lho, sehingga hasil dari optimasi SEO tidak akan berpengaruh signifikan dalam hasil pencarian.

Sebenarnya menaikan rating suatu website itu mudah, berikut langkah2nya

1. Riset sebuah keyword yang sangat berhubungan dengan tema website atau blog kita.
Misalnya website kita jualan baju, maka keyword yang cocok biasa jual baju murah, baju sweater murah, dll.
Berikut tools yang bisa anda gunakan untuk riset keyword

a.  GKP atau Google Keyword Planner
Google Keyword Planner atau GKP digunakan untuk menampilkan sebuah keyword - keyword yang berhubungan dengan tema blog atau website Anda dan juga akan memberikan ide berbagai keyword berikut yang tingkat persaingan kata keyword tersebut.

Dengan bantuan GKP atau Google Keyword Planner tentu sangat - sangat mudah untuk menentukan keyword yang bagus untuk dijadikan target tertentu.

b. Google Trends
Google trends digunakan untuk membandingkan kata kunci pencarian dalam kurun waktu tertentu. Berikut ini contoh perbandingan pencarian kata baju murah dengan baju termurah.

2. On Site Optimization
Setelah tau keyword apa yang akan dibidik, lakukan optimasi on site, yaitu dengan mengisi meta data sebagai berikut: Meta Title, Meta Keywords, Meta Description. Sebenarnya Google melakukan index website menggunakan data meta tersebut.

Perhatian, meta data diisi berdasarkan dengan content halaman website, misal halaman website kita bercerita tentang cara memperbaiki komputer, maka meta data akan berisi seputar dengan perbaikan komputer.

Sebuah Relevansi antara meta data dengan sebuah content juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi naiknya rating website kita.
Selagi semua meta diisi, generate sitemap dan daftarkan sitemap kita kesemua search engine ya

Untuk sebuah website yang menggunakan wordpress kamu bisa memakai plugin All in One SEO yang dapat dengan sangat mudah mengenerate sitemap kita. Atau kamu bisa mengenerate sitemap sendiri hanya dengan membuka alamat Google Sitemap lho.

Bagi yang bertanya apa itu sitemap? Sitemap suatu file xml yang berisikan semua url/ halaman yang ada diwebsite kita, fungsi sitemap adalah memberitahukan search engine seperti google, halaman apa saja yang ada diwebsite kita. Dengan sitemap kita membantu google mengindex website kita.

Sitemap sangat penting untuk proses SEO kita. walaupun pada akhirnya google tetap akan mengcrawl website walaupun tanpa mendaftarkan sitemap akan tetapi membutuhkan waktu lebih lama.

Dengan Cara Mendaftarkan sitemap ke google biasa digunakan untuk Google Webmaster Tools,

Webmaster Tools atau Web Tools juga dapat digunakan untuk berbagai hal ya, seperti menampilkan sebuah keyword - keyword apa saja yang mengarahkan ke link website kita lho, menampilkan berapa banyak hasil pencarian, jumlah klik, jumlah pengunjung berdasarkan sistem operasi, lokasi, bahkan informasi apakah pengunjung menggunakan komputer desktop atau mobile.


Cara Kerja SEO



Anda ingin sukses berjualan via website? Cobalah untuk menggunakan strategi SEO (Search Engine Optimization). Strategi SEO memang menjadi pilihan menarik untuk mengoptimalkan situs atau website agar bisa lebih mudah ditemukan di mesin pencari terutama Google. Ini karena SEO akan menghadirkan optimalisasi pemasaran via website dengan cara organik. Begitu menariknya strategi SEO untuk website, saya sendiri juga menerapkannya pada situs yang saya miliki. Tapi seperti apakah cara kerja SEO Google? Berikut ulasan dari saya Reza Satria Palupi

  • Crawling
Pertama, cara kerja SEO adalah perayapan (crawling). Crawling adalah proses pengambilan data pada keseluruhan halaman website. Yang melakukan crawling ini sendiri adalah software yang disebut crawler/spider atau googlebot pada mesin pencarian Google. Tapi agar Spider atau googlebot ini mampu melakukan crawling pada website maka pastikan situs Anda dengan memiliki meta tag "Index / Follow" dan tidak dicekal (allow) lewat kode: robots.txt.

  • Indexing
Setelah crawling, cara kerja SEO Google dilanjutkan dengan tahapan indexing. Indexing sendiri adalah proses identifikasi konten atau tulisan yang ada pada website dengan kata kunci tertentu dan membuatnya masuk dalam database mesin pencari Google. Dengan kata lain indexing ini adalah pembuatan indeks (URL / Meta Tag) pada semua halaman web yang telah diambil serta disimpan ke dalam database Google.

  • Processing
Cara kerja SEO Googe setelah proses indexing adalah processing. Dalam tahapan ini Google akan melakukan kerjanya ketika ada user yang melakukan permintaan atau request dengan mengetikkan kata kunci tertentu di halaman pencarian Google. Setelah itu Google akan membandingkan kata kunci yang ada pada beberapa halaman website yang telah terindeks pada database mesin pencari Google.

  • Calculating Relevancy
Dalam proses ini, Google akan melakukan proses kalkulasi atau perhitungan relevansi dari dari setiap halam terindeks untuk kata kunci yang diminta. Proses calculating relevancy ini dibutuhkan untuk halaman web yang memiliki banyak kata kunci.

  • Retrieving Result
Terakhir, cara kerja SEO Google yaitu retrieving result. Sesuai namanya, pada tahapan ini Google akan mengambil hasil pencarian terhadap kata kunci yang paling relevan untuk kemudian ditampilkan ke daftar hasil pencarian Google.

Itulah beberapa cara kerja SEO yang memang terbilang asing bagi kita yang baru mengenal strategi ini. Tapi cara kerja SEO ini memang perlu kita pahami agar apa yang kita usahakan guna meraih hasil terbaik untuk pemasaran via website.

Dan satu hal lagi yang perlu kita pahami bahwa Google disetiap waktunya bisa saja melakukan update sistem algoritma yang berkaitan dengan teknik relevansi hasil pencarian. Update sistem algoritma ini dilakukan Google dengan tujuan agar setiap pencarian yang ada menjadi lebih akurat dan sangat sesuai dengan kata kunci yang diketik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Sosial Marketing Strategi Pemasaran Media Sosial